Harga Domba Texel Fullblood Terbaru dan Super Update Tahun Ini di lampung barat

Berapa harga daging domba Texel di pasaran tahun ini? Nama domba ini diambil dari tempat asalnya, Pulau Texel yang terletak di Provinsi Noord Holland, Belanda. Daging domba texel dikenal sebagai daging unggul di seluruh dunia, karena dagingnya yang sangat ramping.

 

Genetika domba Texel sendiri berukuran sangat besar, berat, dan berotot, dengan bulu berwarna putih keabu-abuan. Domba texel terdapat hampir disetiap negara, termasuk Indonesia.

 

Sekilas wolnya mirip dengan Merino. Wol inilah yang membedakan Texel dengan Merino. Texel memiliki wol tetapi hanya di badannya. Itu tidak menutupi wajah atau kaki.

 

Berbeda dengan domba Merino, domba ini memiliki bulu yang tebal dan panjang di sekujur tubuhnya. Bahkan rambut di wajah dan kaki pun tumbuh, menjadikan Merino produsen kain wol paling produktif di dunia.

 

Berapa harga domba Texel saat ini? Sebelum kita membahas harganya, mari kita pelajari dulu sejarah Texel sebagai daging domba potong yang populer di Indonesia.

 

Sejarah Populasi Domba Texel dan Harganya di Indonesia

 

Pada abad ke-18, domba Texel didistribusikan ke lebih dari 35 negara di dunia, termasuk benua Eropa dan Amerika, serta Oseania. Populasi domba Texel terus meningkat dari waktu ke waktu di negara tujuan tersebut. Domba Texel terkenal dengan kemampuan beradaptasi dan daya tahannya yang sangat baik.

 

Texel juga diperkenalkan ke Indonesia oleh Belanda pada tahun 1970an. Pembangunan awalnya berpusat di Jawa Barat, kemudian menyebar hampir ke seluruh Pulau Jawa.

 

Domba Texel memiliki banyak potensi. Selain dagingnya yang rendah lemak, bulunya juga bisa digunakan untuk membuat tekstil. Produksi wool Texel masih belum sebanding dengan Merino sehingga berdampak besar terhadap perekonomian suatu negara.

 

Sampai saat ini peternakan domba Texel berpusat di Afrika, Belanda dan Australia. Oleh karena itu, Texel Indonesia menjadi mayoritas di negara tersebut. Kualitas domba Texel dan keturunannya menentukan harga.

 

Texel super mulai 1,75 jutaan untuk wanita usia 6-7 bulan. Sedangkan laki-laki dengan umur dan jenis yang sama harganya sekitar 2 jutaan.

 

Namun jangan salah, Texel tetap menjadi aset investasi yang bagus. Golongan darah lengkap untuk pria dewasa bisa menghabiskan biaya hingga 60 juta dolar.

 

Rekor domba Texel termahal dipegang oleh domba bernama Double Diamond. Dia adalah seorang fullblood Texel berukuran besar yang dijual pada lelang di Skotlandia pada tahun 2021 seharga 90,000 atau sekitar 7,2 miliar rupiah!

 

Ciri-Ciri dan Ciri-ciri Domba Texel di Indonesia

 

Di Indonesia, harga domba Texel (super persilangan) sangat terjangkau. Hal ini membuat jenis domba ini populer. Sedangkan untuk domba texel fullblood berpengaruh besar terhadap kualitasnya.

 

Untuk lebih memahami domba-domba ini, penting untuk mempelajari karakteristik mereka terlebih dahulu. Berikut beberapa ciri umumnya.

 

Ciri-ciri Domba Texel di Indonesia

 

Domba texel mempunyai bentuk fisik yang khas. Secara fisik domba texel berbeda dengan domba penghasil wool, karena ukuran domba texel lebih besar. Domba texel memiliki beberapa ciri lain yang melekat pada tubuhnya.

 

1. Badan berotot besar/besar

 

Tubuhnya yang besar dan berotot adalah ciri yang paling mencolok. Inilah sebabnya mengapa domba Texel termasuk yang terbaik di dunia. Texel tidak hanya terkenal dengan dagingnya tetapi juga penghasil wolnya. Daging texel memiliki kandungan lemak yang rendah karena tubuhnya yang berotot.

 

2. Wajah domba Texel putih

 

Texel memiliki wajah putih. Tidak ada bulu panjang di wajah domba khusus ini. Hanya rambut pendeknya yang menonjolkan bentuk kepala khas Texel.

 

3. Tidak ada bulu di kepala dan kaki

 

Texel tidak memiliki bulu di kakinya, kecuali kepalanya. Tampilan Texel lebih keren dibandingkan domba dan kambing lainnya. Hanya bulu badan dan ekor saja yang ditumbuhi rambut sehingga membuatnya terlihat semakin besar.

 

Domba texel dewasa dapat memiliki berat sebanyak 160 kg. Bobot yang sangat berat ini adalah fakta bahwa Texel juga merupakan raksasa daging di antara domba. Kambing Boer merupakan kambing raksasa daging.

 

4. Telinga Pendek ke Atas

 

Selanjutnya, bentuk telinganya juga penting. Entah domba texel murah atau mahal, bentuk kupingnya sama yaitu pendek dan atas. Sepertinya telinganya menghadap ke depan

 

n (dengan posisi hampir horizontal).

 

5. Hidung dan Kaki Domba Texel Berwarna Hitam

 

Anda dapat memeriksa hidung dan kukunya lebih dekat jika mampu. Kuku kaki dan hidungnya berwarna gelap.

 

Ciri-ciri Domba Texel di Indonesia

 

Dari sifat domba yang jinak, kita mendapatkan seekor merpati. Bukan galak seperti adu kambing. Yang lebih jinak lagi adalah domba betina Texel yang sangat ramah dan bersahabat dengan manusia. Texel jantan sedikit lebih agresif dibandingkan betina. Lebih detailnya berikut karakter domba texel.

 

1. Meski badannya besar, namun tidak sulit untuk digerakkan

Walaupun mempunyai badan yang besar, ditambah lagi dengan bulu di badannya yang menjadikannya lebih besar. Ternyata domba Texel masih mudah bergerak. TexelStruktur genetiknya sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan daging berkualitas tinggi di setiap bagian tubuhnya.

 

2. Reproduksi atau mudah diperbanya

Para peternak bersukacita! Domba Texel tidak terdapat pada domba Texel, sehingga meningkatkan produktivitas peternakan. Bahkan, Anda bisa membeli domba betina bunting jenis ini dengan harga domba Texel yang murah di gibasbarokah.com (GB Farm).

 

3. Pertumbuhan Sangat Cepat Melebihi Domba Broiler Lokal

Domba texel tumbuh sangat cepat, sama seperti domba potong. Dimana persediaan pangan harus memenuhi kebutuhan pakan sehari-hari. Berdasarkan penelitian, pertambahan berat badan Texel fullblood dewasa per hari berkisar antara 300 gram hingga 600 gram.

 

4. Mudah beradaptasi, daya tahan tubuh kuat, dan mudah perawatannya

Domba texel juga mudah dirawat. Domba ini mampu beradaptasi dengan kondisi ekstrim karena pernah tinggal di Pulau Texel. Daya tahan tubuh yang tinggi terhadap penyakit, kemampuan beradaptasi, dan pengobatan yang sangat baik merupakan faktor-faktornya.

 

5. Bisa Ramah Jadi Bisa Jadi Hewan Peliharaan

 

Jika Anda suka menjadikan domba atau kambing sebagai teman bermain Anda, maka Texel adalah pilihan yang tepat. Kambing Kerdil berukuran kecil dan lucu karena digunakan sebagai hiasan. Texel memiliki ukuran yang sangat besar dan merupakan kambing yang lucu dan menggemaskan.

 

Untuk penawaran harga domba Texel atau jenis domba lainnya (fullblood atau crossbreed) dapat menghubungi Gibas Barokah Modern Farm (GB Farm Ngawi). Informasi kontak dan informasi lainnya dapat ditemukan di website kami gibasbarokah.com atau di akun media sosial kami dengan nama yang sama.

 

Cara Beternak Domba Texel di Indonesia

 

Fokus utama dalam beternak domba broiler seperti Texel adalah agar dombanya cepat gemuk dan cepat besar. Apakah yang penting hanya jenis dan pola pakan domba? Padahal, meski tidak hanya ditentukan dari pola dan jenis pakan, faktor-faktor tersebutlah yang paling penting.

 

Selain itu, ada beberapa cara pemeliharaan yang berkaitan dengan perawatan, kandang, kebersihan, kondisi fisik domba, dan lain sebagainya. Simak penjelasan berikut untuk informasi lebih lanjut.

 

1. Perhatian pada kandang: Pastikan kandang ideal untuk penggemukan.

Kandang domba broiler tersedia dalam berbagai jenis tergantung umurnya. Ada kandang komunal untuk beberapa domba sekaligus di dalamnya, ada kandang individu untuk dipelihara. Penting untuk memperhatikan kandang agar hewan tidak stres.

 

Ternyata stres bisa berakibat fatal bagi pertumbuhan domba. Faktor penyebabnya antara lain: kandang tidak nyaman, sering dilewati orang, sinar matahari tidak masuk, terlalu lembab/kering, sehingga kandang terlalu sempit.

 

2. Pola dan komposisi pakan domba yang seimbang

Pakan merupakan faktor yang sangat penting, oleh karena itu pola dan komposisinya harus tepat. Semakin banyak nutrisi yang dibutuhkan Texel, semakin besar pula. Nutrisi tersebut dapat dibedakan menjadi energi dan protein.

 

Ada dua jenis pakan utama yaitu pakan hijauan (pakan konsentrat) dan ampas tahu. Pakan konsentrat meliputi ampas tahu, bungkil kelapa, dedak padi, jagung dan singkong. Sedangkan pakan hijauannya antara lain rumput gamal, kaliandra, daun lamtoro, rumput gajah, dan daun pisang.

 

Jumlahnya hanya sedikit, sekitar 1-3% dari total bobot domba. Untuk pakan hijau (yang merupakan pakan utama) sekitar 10-25% dari total bobot domba.

 

Peternak tentunya dapat menambahkan pakan lain jika sudah teruji dan/atau berdasarkan pengalamannya. Hal yang sama berlaku untuk pakan fermentasi atau buatan. Mengingat mahalnya harga domba Texel, maka sangat penting untuk memperhatikan pola dan komposisi pakan di atas.

 

3. Perawatan fisik tubuh domba

Domba texel, tidak seperti kambing, memiliki tubuh berbulu tebal. Peternak juga harus memberikan perawatan fisik minimal dua kali seminggu. Beberapa anjuran perawatannya antara lain memandikan domba untuk membersihkan, merawat bulu dan memangkas kuku domba (umumnya setiap enam bulan sekali).

 

Semua yang terbaik

 

Domba akan merasa lebih nyaman dengan tubuhnya dan tumbuh menjadi raksasa daging yang luar biasa.

 

4. Pengendalian Kesehatan Domba Texel Secara Reguler

Para petani kemudian perlu memantau status kesehatan Texel. Tentunya anda sudah paham apa saja yang harus diperiksa pada domba. Beberapa contohnya antara lain pada mata, hidung, mulut, kaki, anus, perilaku, dan gejala lainnya.

 

Pastikan mata, hidung, dan mulut Anda bersih (tidak ada lendir aneh). Periksa apakah keempat kaki domba dapat menopang tubuhnya dan memungkinkannya bergerak bebas. Juga, periksa perut apakah ada keberpihakan. Anus dapat digunakan untuk mendiagnosis penyakit.

 

Peternak juga dapat melakukan pengendalian kesehatan dengan melihat tingkah laku dan tingkah laku dombanya, apakah wajar atau tidak. Jika ada gejala lain yang tidak biasa, pisahkan dari domba lainnya. Anda dapat memindahkan domba yang sakit ke kandang isolasi khusus sebelum memeriksa lebih detail.

 

5. Bila perlu berikan suplemen dan vitamin

Langkah selanjutnya dalam beternak domba Texel adalah penggunaan vitamin atau suplemen khusus. Para peternak mempunyai cara tersendiri dalam menjaga pertumbuhan domba agar tetap optimal. Anda dapat menggunakan suplemen yang dibuat oleh produsen, atau suplemen sayuran yang difermentasi.

 

Domba yang sakit, membutuhkan pengobatan dan perawatan berkelanjutan. Kami dengan senang hati melakukannyamemberi Anda petunjuk jika Anda telah membeli domba dari GB Farm. Pelayanan ini menunjukkan bahwa GB Farm Ngawi peduli dalam setiap pembelian.

 

Gibas Barokah Farm menawarkan harga domba Texel terendah.

 

Jika Anda tertarik dengan domba tipe Texel, maka golongan darah lengkap (100% murni asli dengan Sertifikat Peternakan Australia/Afrika) adalah pilihan terbaik. Atau jenis persilangan hasil persilangan dengan domba super broiler, GB Farm jawabannya.

 

GB Farm menyediakan berbagai layanan bagi pelanggannya. Mulailah dengan jenis domba: Dorper, Awassi Garut, Merino Suffolk dan Texel. Jenis kambingnya juga berbeda-beda (kambing Boer, kambing Anglo Nubian, kambing Alpen, kambing Pygmy, kambing Pygmy hingga kambing kurban). Juga berbagai macam peralatan untuk menunjang peternakan dan hasil olahannya.

 

Berikut ini beberapa contoh domba texel beserta harganya masing-masing.

 

1. Domba Texel

Domba betina Texel di GB Farm tersedia mulai dari 1,5 juta saja! Ini merupakan harga terendah di pasar Indonesia. Sehingga sangat cocok bagi peternakan yang ingin membudidayakan atau beternak domba broiler kualitas dunia asal Belanda.

 

Ada dua usia yang berbeda, 6-7 dan 8-10. Domba Texel betina ini merupakan hasil persilangan antara domba pedaging super yang terjamin kualitas unggulnya. Informasi lebih lanjut mengenai domba ini dapat Anda lihat di sini (https://gibasbarokah.com/domba-texel-betina.html).

 

2. Domba Texel betina hamil

Pilihan selanjutnya adalah Texel yang hamil (dengan domba), atau Texel yang hamil (dengan Domba Dorper darah penuh). Mulai 3.000.000, texel bunting domba dengan domba. Sedangkan hamil dari Dorper fullblood asli, mulai dari 5 juta.

 

Kriteria domba texel bunting antara lain : tersedia bobot 40 kg s/d 50 kg, vaksin FMD 2 kali, bibit laktasi 1-3 ekor, sehat 100%. Jaminan kehamilan dengan cek USG, informasi lengkap mengenai paket ini bisa langsung dicek disini (https://gibasbarokah.com/domba-texel-bunting.html).

 

3. Domba Texel Persilangan

Domba texel adalah jenis yang langka. Untuk ketersediaan stok dapat menghubungi gibabarokah.com. Harga domba dewasa persilangan Texel berkisar antara 3 hingga 5 jutaan. Cek informasi dan ketersediaan Texel jantan blasteran di sini (https://gibasbarokah.com/cross-texel-jantan.html).

 

4. Domba Fullblood Texel 100% Asli

100% Fullblood Texel merupakan produk domba Texel terbaik. Meski begitu, harga Texelnya berkisar 50 jutaan, baik untuk pria maupun wanita. Tubuh domba sendiri mengandung semua keunggulan genetik Texel. Impor langsung dari peternakan di Afrika, oleh karena itu Anda perlu memesan terlebih dahulu.

 

Kami selalu dengan senang hati memberikan Anda konsultasi gratis dan layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda. Berikut panduan lengkap mengenai Ciri-Ciri, Sejarah dan Perawatan Domba Texel di Indonesia.

 

#dombatexel #texel #domba #dombatexeljantan #dombatexelbetina #dombatexelbunting #dombabunting

Comments

Popular posts from this blog

Kualitas Tinggi dan Tahan Lama, Produk Pagar Beton dan Uditch dari PT Unicon Precast Concrete Jawa Tengah

Pagar Beton Unicon Jawa Tengah: Investasi Terbaik untuk Properti Anda