Garut Lampung yang hadir dengan beberapa keunggulan - Pekalongan

Garut adalah nama yang diberikan untuk domba Garut. Domba Lampung merupakan referensi dari jenis domba yang dipelihara di Lampung. Domba Garut yang dikenal dengan nama ilmiah Ovis Aries Ini merupakan hasil persilangan domba lokal Capstaad, dan Merino. Di daerah asalnya, domba Garut lebih sering muncul di pertandingan atau di aduan.

 

Ada banyak penelitian untuk mengetahui lebih banyak tentang jenis trah khusus ini. Sebagai gambaran, untuk mengetahui pertanyaan: mengapa domba Garut merupakan jenis domba yang paling dikenal. Tidak hanya populer secara lokal dan nasional, tetapi juga terkenal di seluruh dunia.

 

Kajian penelitian tersebut salah satunya dalam format buku berjudul Aksesoris dan Aksesoris Domba Garut yang Diterbitkan melalui Unpad Press. Hasil penelitian menunjukkan bahwa domba Garut Lampung memang memiliki sifat yang tidak dimiliki oleh domba lainnya. Hal itu terlihat dari bentuk telinganya, desain ekornya dan penampakan kulitnya yang mengungkapkan keunikan masing-masing.

 

Berbicara sektor ekonomi sebenarnya domba Garut sangat mampu membesarkan industri peternakan. Ada segelintir peternak yang sukses dan mampu bertahan di tengah guncangan ekonomi yang tidak menentu (seperti saat pandemi) dengan mengandalkan penjualan domba Garut.

 

Hal ini dibuktikan dengan pangsa pasar tersendiri untuk domba Garut. Bagusnya, beternak domba Garut bisa menjadi pilihan usaha utama atau bahkan usaha sampingan bagi para peternak. Jika Anda memiliki breed domba genetik berkualitas tinggi, dapat meningkatkan perkembangan secara cepat dan signifikan.

 

Keunggulan Domba Garut Lampung

Peluang beternak domba Garut yang masih terbuka lebar salah satunya yang utama adalah indukan. Peternakan Gibas Barokah menjual domba Garut di Lampung dengan jaminan kemurnian genetik lokal. Berbeda dengan domba perah dan pedaging pada umumnya, domba Garut memiliki wilayah yang unik dan eksklusif.

 

Domba Garut termahal yang pernah tercatat terjual lebih dari 120 juta rupiah. Dimiliki oleh salah satu petani di wilayah yang terletak di Bandung, Jawa Barat. Sama halnya dengan hewan adu, salah satu faktor yang menentukan harga adalah kelincahan mereka di arena pertarungan.

 

Variabel lain meliputi sifat genetik dan postur tubuh, bentuk tanduk dan perawatan kesehatan peternak. Ketika domba juara pensiun berhenti bersaing, biaya mereka untuk menghasilkan keturunan akan sangat mahal. Karena merupakan hasil genetik unggulan dari para breeder juara.

Lebih lengkapnya, berikut beberapa manfaat domba Garut Lampung yang perlu Anda ketahui.

 

1. Memiliki Pangsa Pasar Yang Stabil

Permintaan domba Garut Lampung tidak pernah surut. Oleh karena itu, peternak yang berkonsentrasi pada budidaya domba Garut memiliki peluang yang sangat besar untuk berkembang. Bahkan, harga jual salah satu domba tersebut akan terus meningkat.

Karena itu, banyak peternak yang berani mengambil domba Garut dengan kualitas terbaik kepada peternak. Ini adalah investasi untuk masa depan. sumber untuk membuat dinasti bibit domba kualitas super untuk dijual dengan biaya tinggi.

 

2. Memiliki penggemar tersendiri

Pada umumnya susu, daging serta kulit dan kotorannya juga digunakan. Ternyata, keunggulan domba Garut tidak hanya sampai di situ. Domba Garut juga dominan sebagai top performer di ajang adu ketangkasan.

Jika Anda melihat bentuk tanduk yang melengkung dan menarik, pasti menimbulkan kesan menarik. Namun tanduk memiliki fungsi yang berbeda, seperti senjata yang mirip jalu di kaki ayam. Bentuk tanduk domba Garut lebih besar, panjang, dan kuat dibanding tanduk jenis domba lainnya.

 

3. Memiliki Harga Fantastis

Domba Garut termahal dan terbesar harganya bisa mendekati harga mobil baru, dengan kata lain ratusan juta rupiah per ekor. Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, potensi ekonomi domba Garut sangat luar biasa. Pasar tidak hanya menilai penampilan dan daging, tetapi juga kemampuan bersaing dalam ketangkasan.

Harga domba Garut juara ini seperti gunung es. Harga anakan yang lahir dari keturunan domba tersebut tentu tidak semahal itu. Sehingga ketika sebuah peternakan memiliki domba Garut elit, selain terkenal dengan peternakannya, juga memiliki keuntungan ekonomi yang signifikan.

 

4. Perawatan Mudah

Pemeliharaan domba Garut Lampung mirip dengan pemeliharaan domba pada umumnya di bidang kandang dan pertimbangan teknis. Kebalikan dari pakan, domba Garut membutuhkan nutrisi dan serat yang lebih besar. Pakan berserat tinggi dapat membantu menguatkan otot, daging dan juga pertumbuhan tanduk dan tulang pada domba.

Karena itu, kandungan lemak domba Garut lebih rendah. Yang memungkinkan sangat cocok untuk memanfaatkan dagingnya termasuk untuk hewan kurban. Bobot domba Garut termasuk yang tertinggi super jumbo kelas A, bisa melebihi 100 kilogram. Umurnya 2 tahun!

 

5. Domba Garut Lampung Mudah Di Pemasaran

Domba Garut terkenal di seluruh Indonesia karena penampilannya yang khas, dan mereka diberi label tambahan sebagai hewan petarung yang gesit.

Comments

Popular posts from this blog

Kualitas Tinggi dan Tahan Lama, Produk Pagar Beton dan Uditch dari PT Unicon Precast Concrete Jawa Tengah

Pagar Beton Unicon Jawa Tengah: Investasi Terbaik untuk Properti Anda

Harga Domba Texel Fullblood Terbaru dan Super Update Tahun Ini di lampung barat